Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal (3) - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Friday, April 7, 2023

Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal (3)

 


Setelah melaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Gaya Hidup Berkelanjutan dan Kewirausahaan, maka pada bulan Januari hingga Maret 2023, SMPN 12 Lhokseumawe kembali melaksanakan kegiatan P5 dengan tema Kearifan Lokal. Pada kegiatan P5 kali ini berangkat dari dimensi Berkebinekaan Global dengan sub elemen mendalami budaya dan identitas budaya dengan harapan para peserta didik memahami perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks baik dalam skala lokal, regional dan nasional.   




Adapun jenis budaya daerah yang diambil dalam kegiatan ini adalah tarian Saman, Ranup lam Puan dan Meudikee. Selain dimensi Berkebinekaan Global, dimensi lain yang ingin dikuatkan sebagai perwujudan dari profil pelajar Pancasila adalah dimensi bergotong royong, dimana nantinya peserta didik diharapkan memiliki kemampuan kolaborasi, yaitu kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain disertai perasaan senang ketika berada bersama orang lain dan menunjukkan sikap positif terhadap orang lain. Sedangkan sub elemen yang diambil adalah kerjasama dengan tujuan siswa diharapkan mampu menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.


Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan ini siswa mampu menghargai budaya Aceh dan turut serta melestarikan budaya daerahnya agar tak hilang digerus era modernisasi. 

Sampai bertemu lagi di tahun pelajaran yang akan datang dengan tema yang lain. 

Salam literasi!
 

No comments:

Post a Comment