Geliat Literasi di SMPN 12 Lhokseumawe - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Saturday, March 11, 2023

Geliat Literasi di SMPN 12 Lhokseumawe

 


Secara garis besar, literasi adalah istilah umum yang merujuk pada kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan menurut UNESCO literasi adalah sekumpulan kemampuan kognitif pada seseorang dalam menulis serta membaca yang dipengaruhi oleh kompetensi. Kompetensi yang dimaksud dalam hal ini adalah institusi, konteks nasional, bidang akademik, pengalaman dan nilai-nilai budaya.

Apa manfaat literasi bagi pelajar? Mengapa pelajar sangat disarankan untuk meningkatkan dan membudayakan kegiatan literasi? Nah, dengan banyak  membaca maka daya nalar siswa akan bertambah sehingga dapat mendukung pembelajaran yang efektif. Selain itu kosa kata siswa akan meningkat dan dapat menunjang kemampuannya dalam mengolah kata yang sangat diperlukan dalam kegiatan diskusi, debat atau presentasi. Selain itu kegiatan literasi dapat pula mengembangkan kreatifitas siswa dalam mengelola pojok baca di kelas.


Di SMP Negeri 12 Lhokseumawe, kegiatan literasi menjadi agenda rutin yang dilaksanakan di perpustakaan sekolah. Adapun kegiatan membaca ini dijadwalkan secara bergantian di setiap kelas, mengambil satu jam pelajaran secara bergantian antar mata pelajaran. Siswa dibebaskan membaca dengan gaya mereka sendiri, ada yang sambil duduk, sandaran, bahkan ada yang sambil tiduran, yang penting mereka menikmati buku bacaannya. Buku-buku yang disediakan oleh perpustakaan untuk dibaca adalah buku fiksi atau buku cerita agar siswa tertarik untuk membaca. 



Kegiatan literasi ini akan terus dipertahankan di SMPN 12 Lhokseumawe dengan tujuan agar para siswa dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mereka. Dengan membaca dapat membantu siswa berfikir kritis dan juga bisa membantu dalam mengambil sebuah keputusan. Selain itu bisa membuat otak bekerja lebih optimal, mengasah kemampuan dalam menangkap dan memahami informasi dari bacaan. Bila siswa sudah terbiasa membaca maka kemampuan dalam berbicara dan menulis akan berkembang dengan sendirinya namun tentu saja butuh dukungan dan bantuan guru untuk mengasahnya. Semoga kegiatan literasi ini terus berkembang sehingga kelak bisa melahirkan generasi yang cerdas dalam berfikir, bersikap serta mengambil keputusan.

Salam literasi!!!


 

No comments:

Post a Comment