Pembiasaan Karakter Jujur - SMPN 12 Lhokseumawe

Breaking

Thursday, February 11, 2021

Pembiasaan Karakter Jujur



Kejujuran adalah mata uang yang berlaku di seluruh dunia. Semboyan ini sering kita dengar namun sulit dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal perilaku jujur adalah dasar dari segala perilaku terpuji lainnya. Karakter jujur ini penting dan harus dimiliki semua generasi muda Indonesia. 

Memiliki sikap jujur mungkin akan mendatangkan banyak tantangan bagi seseorang, tapi dengan karakter selalu berkata dan bersikap jujur maka bisa membuat orang tersebut dapat dipercaya oleh orang lain termasuk dipercaya untuk mengemban tugas atau tanggung jawab yang tidak akan diberikan kepada orang yang kejujurannya dipertanyakan.

Kejujuran merupakan investasi yang bisa menjadi modal dasar bagi seseorang untuk memiliki hubungan komunikasi yang sehat dan efektif dengan orang lain. Peserta didik yang sudah diajarkan untuk bersikap dan berkata jujur sejak dini akan lebih mudah untuk diterima di tengah masyarakat yang mendambakan kejujuran pada karakter setiap orang. 

Di SMP Negeri 12 Lhokseumawe, peserta didik sudah diajarkan untuk selalu jujur dalam segala hal. Baik ketika mengerjakan ujian atau ulangan, memberikan alasan yang benar ketika terlambat atau tidak mengerjakan tugas, mengembalikan barang yang ditemukan, membayar ketika memakan makanan yang dibeli dan yang tidak kalah pentingnya adalah tidak mengakui karya orang lain sebagai karya sendiri. 

Kejujuran menjadi kunci penentu apakah seseorang memiliki integritas atau tidak. Kita harus selalu memiliki integritas dan jujur, karena tanggung jawab kita tidak hanya kepada orang lain dan masyarakat, tetapi juga kepada Allah SWT.

Kejujuran merupakan kunci kesuksesan setiap orang karena individu yang benar-benar jujur merupakan pribadi yang konsisten dalam menjalankan nilai-nilai atau norma yang berlaku. Banyak kejadian yang muncul akibat tidak ada kejujuran, berakhir dengan salah paham, perkelahian bahkan pembunuhan.

Untuk diketahui bahwa orang jujur tidak akan pernah merugikan orang lain. Selain itu, orang jujur pasti menjaga amanah (kepercayaan) dan memiliki tanggung jawab tinggi.

Tetaplah berperilaku jujur wahai anak-anak bangsa, karena orang jujur tidak akan pernah merugikan orang lain. 

Selain dalam Pancasila, Allah sudah terlebih dahulu mengingatkan agar kita sebagai hambaNya bersikap jujur dan memelihara kejujuran seperti yang tertera dalam surat Al-Ahzab:70-71, Allah SWT berfirman yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amal-amalmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar."

Semoga kelak generasi muda Indonesia memiliki karakter jujur agar kedepan tercipta generasi-generasi dengan kualitas terbaik yang memiliki sikap jujur agar kelak pemerintahan pun dipegang oleh orang-orang yang jujur. Aamiin ya Rabbal 'alamiin...

No comments:

Post a Comment