Pembiasaan Karakter Gotong Royong - SMPN 12 Lhokseumawe

Breaking

Sunday, October 3, 2021

Pembiasaan Karakter Gotong Royong


Untuk menanamkan sebuah karakter pada diri seorang anak tidak bisa dilakukan secara instan. Butuh waktu lama sehingga karakter tersebut dapat tertanam seumur hidup. Pembentukan karakter hendaknya dilakukan sejak dini sehingga akan lebih mudah terbentuk dan tertanm dalam jiwa sang anak. Jika karakter tersebut telah mendarah daging maka akan sulit untuk dibuang dan akan terpakai kapan dan dimana saja sang anak berada.

SMP Negeri 12 Lhokseumawe secara rutin melaksanakan kegiatan gotong royong setiap hari Sabtu pagi selama lebih kurang 40 menit. Para siswa diarahkan ke berbagai sudut sekolah dibimbing oleh guru untuk membersihkan lingkungan baik di dalam maupun di luar pekarangan sekolah. Bukan hanya siswa yang bekerja namun guru juga turut andil dalam membersihkan lingkungan sekolah. Selain membersihkan lingkungan sekolah, guru dan siswa juga menanam dan merawat bunga serta tanaman lainnya agar lingkungan sekolah terlihat sejuk, hijau dan asri sehingga semua warga sekolah merasa nyaman berada di lingkungan sekolah. 

Dengan dilaksanakannya kegiatan krida atau gotong royong setiap hari Sabtu pagi ini diharapkan siswa memiliki kepedulian terhadap kebersihan dan kerapian lingkungan sekolah serta memupuk karakter kerja sama, cinta tanah air dan menumbuhkan keakraban antara guru dan siswa dengan saling bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah.



 


No comments:

Post a Comment