Pembiasaan Karakter Peduli - SMPN 12 Lhokseumawe

Breaking

Friday, February 5, 2021

Pembiasaan Karakter Peduli


Pendidikan karakter di sekolah merupakan unsur yang sangat penting untuk diterapkan dimana pendidikan ini memiliki fungsi sebagai pembentuk karakter dan juga moral peserta didik dalam interaksinya di tengah-tengah masyarakat.

Di SMPN 12 Lhokseumawe kami sangat mengutamakan unsur pendidikan karakter dalam setiap kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah terutama yang sesuai dengan basis ajaran agama Islam untuk membentuk akhlak mulia, santun dan menanamkan pada karakter peserta didik mengenai nilai budi pekerti luhur.

Memiliki empati yang tinggi adalah salah satu karakter baik yang bisa membuat seseorang memiliki rasa kepedulian hidup di tengah-tengah masyarakat. Kami sebagai tenaga pendidik di SMPN 12 Lhokseumawe terus mendorong peserta didik untuk memiliki rasa kepedulian yang tinggi mulai dari skala yang paling kecil yaitu peduli dengan kesusahan teman di sekitarnya.

Pendidikan karakter di sekolah mengajarkan sikap peduli yaitu sikap dan tindakan yang senantiasa ingin memberikan bantuan kepada orang lain dengan berbagai cara misalnya membantu teman yang sedang mengalami musibah atau sakit.

Meskipun pendidikan karakter terus diajarkan kepada peserta didik namun bila tidak diikuti dengan praktik nyata maka hasilnya akan sia-sia. Maka dari itu para pendidik mengajak para peserta didik untuk turun langsung menyerahkan bantuan untuk temannya yang sedang mengalami sakit. Diharapkan dengan melakukan kegiatan positif seperti ini mereka bisa memiliki sikap yang peduli dan mudah memberikan bantuan pada orang yang sedang membutuhkan.

Orang yang suka membantu temannya yang dalam kesulitan, ketika ia mengalami kesulitan pun juga akan dengan mudah mendapatkan bantuan dari teman-teman dan orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu memiliki sikap peduli adalah investasi amal  yang penting untuk ditanamkan sejak usia dini.



 

No comments:

Post a Comment