BPBD di SMPN 12 Lhokseumawe - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Monday, March 6, 2023

BPBD di SMPN 12 Lhokseumawe

 


Pada tanggal 16 Februari 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Lhokseumawe melaksanakan kegiatan sosialisasi ke SMPN 12 Lhokseumawe. Sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan agar para peserta didik beserta dewan guru paham bagaimana cara menghadapi bahaya atau bencana baik yang berasal dari alam maupun akibat human error atau kelalaian manusia. 



Pada sesi pertama peserta didik diajak untuk menyaksikan berbagai macam bencana yang  pernah terjadi di dunia misalnya gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor, kebakaran, dan lain-lain. Peserta didik diajak berdiskusi bagaimana cara awal menanggulangi atau menghadapi bahaya tersebut. Bagaimana cara menolong diri sendiri dan orang lain serta bagaimana cara mengatasi kepanikan saat bencana datang. 


Pada sesi ke dua siswa langsung diajak untuk mempraktikkan bagaimana cara memadamkan api bila terjadi kebakaran di rumah, yaitu dengan cara menutup api dengan goni basah. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan upacara sehingga semua peserta didik bisa leluasa menyaksikannya. Selain siswa, guru juga diajak untuk mempraktikkan langsung bagaimana cara memadamkan api sebelum api membesar dan tidak sanggup dikuasai lagi. Bila si jago merah sudah meraja lela tentu saja tidak ada cara lain selain segera menghubungi pemadam kebakaran.



Sesi terakhir adalah foto bersama dewan guru dan para siswa. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut pada masa yang akan datang dengan tema penyelamatan dari bencana yang lain. 

Salam literasi!



No comments:

Post a Comment