Diseminasi Disiplin Positif - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Friday, February 10, 2023

Diseminasi Disiplin Positif

 



Setiap sekolah pasti mengharapkan semua peserta didiknya patuh dan menaati peraturan yang telah ditetapkan. Namun seringkali peserta didik melanggar peraturan dan tata tertib tersebut padahal sudah sering diingatkan bahkan peraturan yang tertuang dalam janji siswa tersebut dibacakan setiap Senin saat pelaksanaan upacara bendera. Mencermati hal tersebut maka pihak SMPN 12 Lhokseumawe berinisiatif mengadakan diseminasi Budaya Disiplin Positif dengan tujuan agar para peserta didik sadar akan pelanggaran yang telah mereka lakukan dan mau menerima segala konsekuensi yang telah disepakati bersama.




Dalam kegiatan diseminasi ini sekolah menjelaskan beberapa butir peraturan dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa. Kemudian siswa ditanyakan dan dimintakan pendapatnya tentang konsekuensi dari setiap peraturan apabila mereka melanggarnya. Setiap siswa berhak memberikan pendapatnya untuk kemudian dipilih suara terbanyak yang menyatakan konsekuensi dari pelanggaran tersebut. Acara diseminasi dipandu oleh Zahara Fona, S.Pd.I yang merupakan salah seorang guru penggerak, dan sebelumnya acara dibuka dan dipimpin oleh kepala sekolah Sri Aryati, S.Pd., M.Pd.





Disiplin positif merupakan suatu cara penerapan disiplin tanpa kekerasan dan ancaman yang dalam praktiknya melibatkan komunikasi tentang perilaku yang efektif antara guru dan siswa. Dalam penerapan disiplin positif, siswa diajarkan untuk memahami konsekuensi dari perilaku mereka. Selain itu disiplin positif juga mengajarkan siswa rasa tanggung jawab terhadap segala akibat dari perbuatannya. 


  

Semoga dengan dilaksanakannya acara diseminasi disiplin positif ini membawa perubahan besar terhadap perilaku peserta didik. Dengan adanya kedisiplinan di sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman dan tentram di dalam kelas. Siswa yang disiplin yaitu siswa yang biasanya hadir tepat waktu, taat terhadap semua peraturan yang diterapkan di sekolah serta berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku. 

Salam literasi!

No comments:

Post a Comment