Briefing in Monday Morning - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Saturday, February 25, 2023

Briefing in Monday Morning


 Setiap hari Senin SMPN 12 Lhokseumawe rutin melaksanakan kegiatan briefing. Kegiatan ini sudah menjadi agenda sejak tahun 2013 silam, pada masa kepemimpinan Irwan, S.Pd, M.Si selaku kepala sekolah. Bermula dari keprihatinan karena banyak tugas yang terbengkalai atau tidak selesai tepat waktu baik dari unsur guru maupun tenaga administrasi sekolah. Banyak informasi dan instruksi yang diberikan pada saat rapat rutin namun menguap begitu saja alias tidak dikerjakan dikarenakan sudah lupa atau sudah terlupakan. Sehingga  dirasa perlu untuk melaksanakan kegiatan briefing setiap Senin. 



Kegiatan briefing ini biasanya dilaksanakan selama lebih kurang 20 menit selesai pelaksanaan upacara bendera. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dewan guru dan tenaga administrasi sekolah. Selama kegiatan briefing berlangsung, selalu ada petugas piket harian yang bergantian mengawasi keadaan sekolah untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.


Mungkin masih ada yang bertanya-tanya apa sih artinya briefing ? Briefing menurut para ahli memiliki makna memberikan penjelasan-penjelasan secara singkat atau pertemuan untuk memberikan penerangan secara ringkas. Briefing dapat juga diartikan sebagai salah satu bentuk koordinasi untuk menyampaikan dan menyamakan persepsi agar satu tujuan atau goals dapat tercapai. 


Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa briefing adalah hal yang sepele padahal begitu besar manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan briefing ini. Apa saja manfaat dari kegiatan briefing ini?

1. Menjalin komunikasi yang baik antar warga sekolah; melalui komunikasi yang dijalin saat briefing dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Selain itu dapat memberikan masukan atau solusi antara satu dengan yang lain. 

2. Membangun semangat kerja; sebelum memulai bekerja, setiap orang dihadapkan dengan suasana hati yang berbeda-beda, Ada yang sedang galau, sedih, marah, frustasi tapi ada juga yang sedang bahagia atau sedang bahagia-bahagianya. Uhuyy,... Oleh karena itu bila diawali dengan briefing disertai canda dan tawa akan membuat suasana hati jadi menyenangkan dan berpengaruh terhadap mood kerja.

3. Membina keakraban dan kekompakan; keakraban akan terjadi bila setiap orang saling berinteraksi sehingga timbul semangat karena saling berbagi pengalaman dan ilmu. 

4. Menyatukan visi dan persepsi; setiap orang tentu memiliki cara pandang yang berbeda-beda meskipun satu profesi. Untuk itu diperlukan sebuah wadah untuk menyamakan persepsi sehingga seiya sekata dalam mengambil sebuah keputusan. 

5. Sebagai sarana evaluasi singkat dan pertukaran informasi; melalui agenda  briefing ini dapat meminimalkan waktu tanpa harus menunggu jadwal rapat yang akan datang.



Demikianlah paparan singkat mengenai kegiatan  briefing yang telah berjalan  selama lebih kurang sepuluh tahun dan sudah menjadi agenda rutin di SMN 12 Lhokseumawe. Kegiatan  briefing  ini terus dipertahankan hingga sekarang karena banyak sekali manfaat dari kegiatan ini. 

Salam literasi!

No comments:

Post a Comment