Tips Berani Memulai Menulis - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Sunday, January 29, 2023

Tips Berani Memulai Menulis

Assalamualaikum sahabat semua dimanapun anda berada baik yang berprofesi sebagai guru maupun bukan. Disini saya akan membagikan tips atau trik untuk berani memulai menulis sekaligus mempublikasikannya. Karena tulisan sebagus apapun apabila hanya tersimpan di laptop atau notebook anda maka hanyalah tinggal tulisan semata tanpa orang lain bisa tahu atau menikmati karya anda. Nah sekarang masalah utamanya adalah bagaimana cara untuk mulai menulis. 

Saya sengaja membuat judul seperti diatas yaitu "Tips Berani Memulai Menulis", judul yang sangat sederhana agar anda tertarik dan berani mencoba untuk menulis. Sengaja saya tidak meletakkan judul artikel yang berat misalnya "Trik Untuk Penulis Pemula" atau "Kiat Jitu Jadi Penulis Berbakat" dan sebagainya. Saya sengaja mengambil judul yang sesederhana mungkin agar sahabat semua tertarik untuk berani memulai menulis. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya pribadi sewaktu memberanikan diri menulis sekaligus mempublikasikannya, karena saya beranggapan bahwa rugi besar apabila seseorang yang berprofesi sebagai guru namun tidak meluangkan waktunya untuk menulis. Sepintar apapun seorang guru bila tidak menulis dan berbagi ilmu dengan yang lain maka rasanya akan sia-sia saja. Bila seseorang guru meninggal dunia maka tulisannya akan tinggal dan bisa dibaca oleh orang lain. Artinya pahala insyaallah akan tetap mengalir seiring dengan ilmu yang dia bagikan melalui tulisannya yang bermanfaat bagi orang lain. 

 Baiklah sahabat semua, saya akan segera membagikan tips bagaimana caranya untuk berani memulai menulis. Hal ini bukan berarti saya sudah piawai dalam menulis, justru tulisan ini saya buat sebagai sarana belajar menulis bagi diri saya sendiri. Nah, adapun tips dari saya bagaimana caranya berani memulai menulis adalah: 

 (1)Niat; innama amalu binniyaat. Segala sesuatunya berawal dari niat. Sahabat harus memiliki niat yang kuat untuk mulai menulis, sekaligus juga berniat bahwa tulisan yang kita hasilkan dapat bermanfaat bagi orang lain. Yakinlah, sekecil atau sesederhana apapun tulisan kita, pasti memiliki manfaat bagi orang lain. Mungkin ketika seseorang membaca tulisan kita, dia menjadi paham akan sesuatu yang baru yang kita share dalam tulisan kita, atau dapat menambah wawasannya atau bahkan saat membaca tulisan kita dia jadi tergerak untuk melakukan hal sama dalam berbuat kebaikan. Bukankah itu artinya kita sudah berbuat kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain? Kebaikan sekecil apapun ganjarannya pahala lho sahabat...

 (2)Rajin Membaca; rajin-rajinlah sahabat membaca apa saja dan dari sumber mana saja. Bacalah buku yang sahabat sukai misalnya novel, sastra, komedi, opini dan lain sebagainya sehingga bisa menambah wawasan kita untuk menulis. Kita juga bisa mempelajari atau bahkan meniru gaya orang lain dalam menulis. Perbendaharaan gaya dan bahasa akan bertambah seiring bertambahnya koleksi bacaan kita. Merupakan suatu hal yang mustahil bila kita ingin bisa menulis tapi tidak mau membaca. Dengan kata lain menulis tanpa membaca adalah omong kosong alias nol. 

 (3)Tulislah apa yang anda sukai; ketika kita bertemu hal yang menarik minat kita maka segeralah ambil untuk dijadikan sebuah bahan tulisan. Biasanya segala sesuatu yang kita sukai pasti senang untuk kita bicarakan atau kita diskusikan dengan teman atau sahabat kita. Nah mengapa tidak kita tuangkan saja menjadi sebuah tulisan? Pasti kita memiliki bahan tulisan yang banyak karena hal tersebut sangat kita minati.

 (4)Tulislah apa yang anda kuasai; artinya jangan menulis sesuatu yang tidak anda yakini atau anda masih ragu-ragu menuangkannya ke dalam sebuah tulisan karena masih belum yakin akan kebenarannya. Sebaliknya, tulislah sesuatu yang benar-benar anda kuasai sehingga dalam proses menulis anda tidak menemukan hambatan. Biasanya bila seseorang menemui masalah atau hambatan dalam menulis maka tulisannya akan terbengkalai alias tidak pernah selesai. 

 (5)Jangan menunda-nunda; bila sahabat menemukan sebuah ide untuk menulis maka jangan menundanya. Segera catat ide tersebut di buku kecil atau bisa juga di gadget seperti yang selama ini sering saya lakukan. Bila menemukan sebuah hal yang menarik untuk ditulis maka saya segera mencatatnya di handphone untuk kemudian menjadi bahan tulisan saya. Setelah mencatat jangan menunda lagi untuk segera menuangkannya menjadi sebuah tulisan. 

 (6)Jangan mengharap harus sempurna; bila sahabat sudah selesai membuat sebuah tulisan maka jangan ragu untuk segera mem-posting tulisan tersebut. Keraguan dalam hati adalah sesuatu yang harus disingkirkan karena akan membuat tulisan kita hanya tersimpan di laptop. Yakinlah bahwa tulisan kita sudah bagus dan layak untuk dibaca. Jangan membanding-bandingkan tulisan kita dengan orang lain dan merasa bahwa tulisan kita tidak bagus atau belum sempurna. Tapi yakinlah bahwa tulisan yang bagus akan lahir dari kebiasaan menulis hal-hal kecil dan sepele. Tulisan yang bagus berawal dari seringnya berlatih menulis. 

 (7)Konsisten; bila sahabat ingin bisa atau mahir dalam menulis maka sahabat harus konsisten dalam mengatur jadwal untuk menulis. Selalu luangkan waktu minimal satu jam sehari untuk menulis. Tulis apa saja dulu yang terlintas dalam pikiran. Jangan pikirkan bagus atau tidak, runtut atau tidak, yang penting tulis saja dulu. Nanti akan ada waktunya untuk menyusun ulang dan memperbaiki tulisan kita. Bila kita konsisten dalam menerapkannya maka insyaallah kita akan berhasil menghasilkan sebuah tulisan. Biasanya bila telah berhasil membuat sebuah tulisan maka kita akan merasa kecanduan untuk menulis dan menulis lagi. Nah sahabat semua, itulah tips dari saya untuk berani memulai atau mencoba menulis. Semoga sahabat berkenan membaca tulisan ini sekaligus mempraktikkannya. Semoga pula tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Salam literasi!

No comments:

Post a Comment