Penyusunan RKAS SMPN 12 Lhokseumawe - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Wednesday, January 11, 2023

Penyusunan RKAS SMPN 12 Lhokseumawe

Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). SMPN 12 Lhokseumawe pada bulan November 2022 yang lalu telah melaksanakan rapat penyusunan RKS dan RKAS untuk tahun anggaran 2023. Sebelum melaksanakan rapat dengan seluruh dewan guru dan pegawai tata usaha, kepala sekolah terlebih dahulu mengadakan rapat kecil dengan tim manajemen sekolah yang terdiri dari unsur guru bagian kurikulum, sarana prasarana, perpustakaan, laboratorium, kesiswaan, olahraga dan kesenian, bendahara dan perwakilan wali kelas. Setiap anggota tim diminta pendapatnya terkait kebutuhan yang akan dipenuhi pada anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang akan datang. Setiap usulan dan kebutuhan yang masuk ditampung dan akan dipertimbangkan terlebih dahulu serta disesuaikan dengan anggaran sekolah yang tersedia.
Dalam penyusunan RKAS, kepala sekolah dan tim manajemen sekolah terlebih dahulu memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana. Pemerintah telah memberlakukan sebuah sistem yang mampu melakukan pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan yaitu aplikasi RKAS atau disebut dengan ARKAS yang merupakan sebuah sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Dasar utama yang harus diperhatikan dalam penyusunan RKAS ini juga adalah hasil raport pendidikan, dimana pada aspek yang masih rendah harus diutamakan peningkatannya agar ke depan raport pendidikan dapat meningkat yang berdampak pada peningkatan mutu sekolah.
Dalam kegiatan rapat penyusunan RKAS ini juga turut dihadiri oleh komite sekolah Azhari T. Ahmadi, ST, S.Pd. Dalam kata-kata sambutannya beliau menyampaikan pesan agar seluruh personil sekolah dapat saling bekerja sama bahu membahu dalam meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat yakni peserta didik dan orang tua peserta didik. Semoga ke depan SMPN 12 Lhokseumawe semakin maju dan menjadi salah satu sekolah idaman yang menjadi tujuan peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan setamatnya dari sekolah dasar. Aamiin ya Rabbal 'alamiinn. Man jadda wajada. Salam literasi!

No comments:

Post a Comment