MGMP SMPN 12 Lhokseumawe - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Monday, January 9, 2023

MGMP SMPN 12 Lhokseumawe

Setiap awal semester ganjil maupun genap SMPN 12 Lhokseumawe selalu melaksanakan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Kegiatan ini biasanya berlangsung di sela-sela pengisian rapor. Seperti pada awal semester genap tahun pelajaran 2022/2023 ini, MGMP dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 Desember 2022, tiga hari menjelang pembagian rapor. Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 14.00 WIB. Acara dibuka oleh kepala sekolah Sri Aryati, S.Pd., M.Pd. Dalam kata-kata sambutannya beliau menyampaikan agar semua guru serius dalam mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir supaya perangkat administrasi pembelajaran bisa selesai tepat waktu.
Dalam setiap kegiatan MGMP, pihak sekolah selalu membahas tentang persiapan guru mengajar. Kegiatan MGMP dipandu langsung oleh Waka Kurikulum Yusridawati, S.Pd. Adapun materi yang dibahas adalah penghitungan minggu efektif, Program Tahunan, Program Semester, Jadwal Tatap Muka, ATP/Silabus, Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP), RPP/Modul hingga penilaian yang meliputi penilaian Formatif dan Sumatif. Semua perangkat administrasi pembelajaran guru ini mengacu pada Permendikbudristek RI no.5, 7, 16 dan 21 tahun 2022 yaitu tentang SKL, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian. Dalam kesempatan itu juga dibahas tentang pembelajaran berdiferensiasi yang meliputi diferensiasi pada konten, proses dan hasil. Salah seorang guru SMPN 12 Lhokseumawe yang juga seorang guru penggerak Zahara Fona, S.Pd.I turut memberikan penjelasan tambahan tentang pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan pengalamannya dalam menerapkan pembelajaran tersebut di kelas.
Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang karena sejatinya seorang guru memang harus terus belajar dan meng-upgrade diri agar terus berkembang dan mampu mengajari dan mendidik siswanya sesuai dengan perkembangan zaman. Salam literasi!

2 comments: