Sosialisasi e-Rapor Kurikulum Merdeka - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Sunday, January 1, 2023

Sosialisasi e-Rapor Kurikulum Merdeka

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan aplikasi e-rapor Kurikulum Merdeka pada tangggal 30 November 2022. Meskipun katanya aplikasi ini lebih sederhana daripada aplikasi e-rapor sebelumnya, namun guru-guru perlu dibimbing agar paham bagaimana cara mengggunakan aplikasi ini. Pihak SMPN 12 Lhokseumawe melaksanakan sosialisasi e-rapor Kurikulum Merdeka ini sebanyak tiga kali yang dipandu langsung oleh operator dapodik Julrissani, S.Pd., M.Pd. Tanggal 8 Desember 2022 usai peserta didik ujian, para guru langsung menuju ruang laboratorium komputer untuk mengikuti sosialisasi aplikasi e-rapor Kurikulum Merdeka. Guru yang mengikuti sosialisasi adalah para guru yang mengajar di kelas VII.
Setelah mengikuti sosialisasi hari pertama ini para guru masih banyak yang pusing atau bingung karena baru pertama kali berhadapan dengan aplikasi ini. Operator dapodik dengan sabar membimbing para guru yang jelita (jelang lima pulu tahun) ini mulai dari bagaimana cara pertama masuk ke aplikasi hingga cara mengirim nilai rapor yang sudah jadi. Dari penjelasan yang disampaikan oleh operator, penulis dapat menyimpulkan bahwa aplikasi e-rapor Kurikulum Merdeka ini lebih sederhana dari aplikasi e-rapor sebelumnya, dan juga memudahkan administrasi pelaporan hasil belajar peserta didik. Guru cukup menginput satu nilai mata pelajaran saja disertai deskripsi kompetensi yang dicerminkan oleh nilai tersebut. Memang sebelum mulai sosialisasi, jauh sebelumnya pihak sekolah sudah menginstruksikan kepada para guru untuk menyiapkan semua tujuan pembelajaran yang selama ini diajarkan yang merupakan penjabaran dari capaian pembelajaran. Semua penilaian formatif maupun sumatif diisi terlebih dahulu dalam format penilaian sehingga setelah didapat nilai akhir baarulah diisi ke dalam aplikasi e-rapor. Format penilaian ini sebelumnya sudah disiapkan oleh sang operator dapodik SMPN 12 Lhokseumawe. Tabik buat Julrissani, S.Pd, M.Pd.
Tanggal 9 Desember 2022 para guru kembali mengikuti sosialisasi aplikasi e-rapor namun kali ini khusus untuk guru yang mengajar di kelas VIII dan IX. Secara keseluruhan caranya hampir sama, yang membedakan hanya cara merumuskan tujuan pembelajarannya. Kalau kelas VII tujuan pembelajarannya dijabarkan dari capaian pembelajaran, kelas VIII dan IX dijabarkan dari Kompetensi Dasar. Alhamdulillah untuk sosialisasi hari ke dua ini sebahagian besar guru suda mulai paham dan sudah tidak sabar untuk segera menggunakan aplikasi e-rapor yang baru.
Pada tanggal 13 Desember 2022, sehari menjelang berakhirnya ujian semester ganjil, para guru mengikuti pemantapan atau finishing dari penggunaan aplikaksi e-rapor Kurikulum Merdeka ini. Kegiatan dipimpin langsung oleh Waka Kurikulum SMPN 12 Lhokseumawe Yusridawati, S.Pd dan untuk kali ini acara dilaksanakan di ruang dewan guru. Dalam kesempatan ini para guru hanya diingatkan agar dalam merumuskan tujuan pembelajaran jangan lupa untuk menggunakan kata kerja yang dapat diukur. Untuk lebih memudahkan para guru bisa merujuk pada kata kerja operasional revisi Taksonomi Bloom, Anderson LW dan Karthwohl DR. Demikianlah pelaksanaan sosialisasi aplikasi e-rapor Kurikulum Merdeka di SMPN 12 Lhokseumawe. Semoga para pendidik senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan oleh Allah SWT dalam menjalankan tugasnya. Aamiinn. Salam literasi...

No comments:

Post a Comment