SecangKer Jahe - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Thursday, December 29, 2022

SecangKer Jahe

 Seri minuman herbal menyehatkan


                            SecangKer Jahe

                                                            (Secang, Kunyit, sereh, jahe)

        Secang, kunyit, sereh, dan jahe merupakan herbal alami yang menyehatkan bagi tubuh kita jika mengkonsumsinya. Kita juga tahu bahwa rempah ini banyak khasiatnya. Seperti secang, salah satu khasiatnya adalah untuk menurunkan dan mengontrol gula darah, mengatasi jerawat juga. Secang ini adalah serbuk kayu.
        Kunyit merupakan rempah yang paling unggul dalam dunia herbal. di antara khasiatnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi radang, mengatasi perut kembung, dan banyak khasiat lainnya.
        Sereh merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bahan bumbu dapur. Walaupun demikian sereh juga mempunyai manfaat yang luar biasa buat kesehatan tubuh. Di antara khasiat sereh adalah memiliki sifat anti oksidan, menurunkan kolesterol, mencegah infeksi, dan lain-lain sebagainya.
        Sedangkan jahe merupakan rimpang yang selain digunakan sebagai bumbu dapur juga sering digunakan sebagai bahan baku obat tradisional. Rasanya pedas. Khasiat jahe salah satunya adalah dapat mengurangi reaksi alergi.
        Kesemua rempah tersebut di atas sama-sama menangkal pertumbuhan sel kanker. Penyakit kanker inilah yang sering ditakuti karena hampir tidak terobati.
        Keempat rempah ini jika diseduh atau di rebus dan kita minum maka tubuh akan terasa hangat. Berikut bahan dan cara pembuatannya:
Bahan: Secang, kira-kira 5 lembar
            Kunyit, kira 2 ruas
            Sereh 1 batang
            Jahe 2 ruas
            Pandan 1 lembar

Cara membuatnya:
1. Kunyit, jahe dikupas lalu semua baha dicuci bersih.
2. Kemudian rebus semua bahan sampai mendidih.
3. minum setelah hangat. Boleh ditambah madu atau gula merah

Kalau mau diseduh boleh juga.
Semoga bermanfaat.
Di dapat dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment