- SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Monday, December 5, 2022


Berkunjung ke Makam Sultanah Nahrisyah Lhokseumawe





         Langit sore sudah mulai gelap padahal sekitar 3 jam lagi baru akan masuk waktu maghrib. Akan tetapi keinginan untuk mengunjungi dan rasa penasaran akan sosok Sultanah Aceh maka langit yang mulai gelap tetap ditelusuri juga. Memang sosoknya tidak bisa ditemukan lagi akan tetapi setidaknya makamnya bisa kita kunjungi.

        Rasa penasaran itu muncul, siapa sih Sultanah Nahrisyah itu? Apa yang telah dia lakukan dalam kehidupannya? Tepatnya dimana ia lahir dan bertempat tinggal? Mengapa ia menjadi termahsyur di kalangan kesultanan? Bagaimana sepak terjangnya dalam memimpin negri Aceh ini?

        Menurut sejarah Nahrisyah ini dulunya adalah seorang sultanah, tokoh pemimpin wanita yang mahsyur pada kerajaan Samudera - Pasai. Beliau adalah wanita pertama yang menjadi seorang sultanah dan satu-satunya raja/sultanah yang memerintah di kerajaan Samudera Pasai. Ia merupakan keturunan Sultan Malikussaleh, sultan pertama di kerajaan Samudera Pasai ini. Beliau mangkat pada tanggal 17 Dzulhijjah tahun 831 H atau 27 September 1428 M. 

        Sultanah Nahrisyah dikenal sebagai seorang ratu yang bijak dan arif. Selama kepemimpinannya ia memerintah dengan sifat keibuan dan penuh kasih sayang layaknya seorang ibu. Saat itu, harkat dan martabat kaum wanita sangat mulia. Kaum wanita berperan aktif dalam penyebaran Islam. Dengan kata lain Sultanah Nahrisyah adalah Sultanah pertama di Aceh yang memimpin kerajaan Samudera Pasai di atas konsep kesetaraan gender.

        Begitulah jejak sejarah Sultanah Nahrisyah yang dapat penulis informasikan. Penulis sangat mengagumi sejarah Sultanah Nahrisyah ini. Selama ini penulis tidak menyadari bahwa ada makam sultan perempuan khususnya di Aceh utara ini. Yang didengar selama ini hanyalah cerita tapi tidak pernah ditunjukkan ataupun diajak untuk mengunjungi makam tersebut. Sejarah Sultanah Nahrisyah ini pun tidak terlalu banyak diceritakan. Bahkan tidak termasuk dalam pelajaran sejarah khususnya pelajaran sejarah Aceh.

        Sungguh luar biasa sejarah Sultanah Nahrisyah ini. Tidak sis-sia rasanya berkunjung ke makam beliau ini. Sejarah yang belum tentu diketahui banyak orang ini sangatlah baik jika diperkenalkan kepada para pelajar agar menjadi tambahan pengetahuan dan motivasi serta semangat yang luar biasa pula bagi mereka, sehingga anak-anak bangsa ini bangga terhadap negrinya sendiri.

Sumber: https://id.m.wikipedia.org

                htpps://atapoeoindatu:id/kompleks-makam-nahrisyah/

                https://www.museumnasional.or.id/sultanah-nahrisyah-raja-perempuan-pertama-di-aceh-2596

    

1 comment:

  1. Terimaksih Bu penulis, membaca tulisan ini saya jadi tahu bahwa Aceh memiliki sejarah yang luar biasa.

    ReplyDelete