Nyalanesia Masuk Sekolah - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Sunday, October 23, 2022

Nyalanesia Masuk Sekolah

Pada hari Rabu tanggal 5 Oktober 2022 yang lalu Nyalanesia hadir di SMP Negeri 12 Lhokseumawe. Kehadirannya kami sambut dengan tangan terbuka karena kami tahu program Nyalenesia sangat bagus diterapkan di sekolah. 
Nyalanesia adalah sebuah ekosistem yang mambuka peluang selebar-lebarnya bagi setiap Penyala untuk bersama-sama menciptakan ekosistem literasi dan pendidikan yang memiliki tekad untuk maju. Sebuah ekosistem yang tidak hanya memberi peluang bagi setiap orang untuk tidak hanya menulis buku semata tetapi juga memesan dan menjual berbagai macam jasa, membeli dan memasarkan berbagai macam produk dan karya serta merilis dan mengikuti berbagai macam kelas melalui platform-platform untuk meningkatkan kemajuan pendidikan Indonesia. 

Selain itu Nyalanesia memiliki fokus pada publikasi, edukasi, sertifikasi, kolaborasi, akselerasi dan ekonomi. Nyalanesia juga memiliki berbagai program handal diantaranya adalah Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) yaitu sebuah program pengembangan literasi sekolah yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD, SMP, SMA dan sederajat untuk dapat menerbitkan buku ber-ISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan dan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional. 

Selanjutnya ada program Pengembangan dan Pembinaan Literasi Sekolah (BANPELIS) yaitu sebuah program yang memfasilitasi dan mendampingi sekolah-sekolah untuk mengembangkan program literasinya selama tiga tahun kemitraan. Melalui program ini, sekolah akan mendapatkan fasilitas pendampingan, penerbitan buku serta pelatihan dan sertifikasi kompetensi untuk seluruh siswa dan guru. Selain dua program yang sudah disebutkan diatas masih ada dua program lagi yaitu program Pengembangan dan Pembinaan Literasi Pendidik (BANPELIP) dan program Akademi Menulis Buku (AMB). Adapun BANPELIP adalah program yang memfasilitasi dan mendampingi para pendidik Indonesia untuk mengembangkan karir dan kompetensi berliterasinya selama 1 tahun. Sedangkan AMB adalah program pengembangan literasi yang memfasilitasi akademisi Indonesia di dalam ekosistem Nyalanesia untuk berkarya dan menerbitkan buku ber-ISBN serta berkesempatan mendapatkan penghargaan dan hadiah.
Luar biasa kiprah Nyalanesia untuk memajukan literasi di Indonesia. Tinggal kita sebagai pendidik untuk memilih program yang mana agar literasi di sekolah kita bisa meningkat. Bagaimana upaya kita sebagai pendidik agar daya dan minat literasi siswa kita bisa maju dan tidak tertinggal dari bangsa lain. Semua tergantung kita para pendidik, mau atau tidak memajukan literasi. Selalu terbentang jalan bila mau dan akan tercipta banyak alasan bila tak mau. Salam literasi.

No comments:

Post a Comment