Mahasiswa PPL Beri Tausiah - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Sunday, November 6, 2022

Mahasiswa PPL Beri Tausiah

Mahasiswa IAIN Lhokseumawe yang sedang melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 12 Lhokseumawe berkesempatan memberikan tausiah singkat seusai pembacaan yasin bersama. Kegiatan rutin setiap hari Jumat ini memang memberikan kesempatan kepada semua warga sekolah yang ingin memberikan tausiah di mushalla SMPN 12 Lhokseumawe untuk menambah wawasan dan pengetahuan agama bukan hanya bagi siswa tetapi juga bagi para guru dan tenaga kependidikan di sekolah ini. Acara ini lebih tepatnya disebut "dari kita untuk kita", artinya melalui acara pemberian tausiah ini para guru, siswa dan mahasiswa bisa belajar menjadi penceramah dadakan. Sebelumnya tentu para pengisi acara tausiah singkat ini mempersiapkan diri dengan membaca dan mencari referensi bahan tausiahnya. Dengan demikian sang pemberi tausiah sudah mendapat ilmu yang kemudian dibagikan kepada para audiensnya.
Para mahasiswa PPL yang melaksanakan praktik mengajar di SMPN 12 Lhokseumawe ini bukan hanya melaksanakan kegiatan mengajar semata. Mereka justru dibimbing untuk melaksanakan lebih banyak kegiatan di luar mengajar. Penilaian terhadap mahasiswa PPL ini justru lebih banyak kepada hal di luar mengajar. Bagaimana cara menghadapi siswa yang sedang bermasalah, menangani siswa yang sedang sakit, keikutsertaan dalam kegiatan sosial dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lain yang harus mereka ikuti yang pada akhirnya nanti bertujuan untuk mempersiapkan mereka agar menjadi pendidik yang memiliki kompetensi profesional, paedagogi, sosial dan kepribadian.
Semoga SMPN 12 Lhokseumawe selalu menjadi bagian dari pembimbing para calon guru untuk menjadi pendidik sejati yang siap terjun ke masyarakat dan mendidik generasi penerus bangsa menjadi insan yang bermartabat.

2 comments: