Gebyar HGN di SMPN 12 Lhokseumawe - SMP Negeri 12 Lhokseumawe

Breaking

Saturday, December 24, 2022

Gebyar HGN di SMPN 12 Lhokseumawe

Tanggal 25 November setiap tahunnya diperingati sebagai HUT PGRI. PGRI yang lahir pada tanggal 25 November 1945 tahun ini telah berusia 77 tahun. PGRI awalnya bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berdiri tahun 1912, kemudian berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) tahun 1932. Kemudian pada tanggal 24-25 November 1945 diadakan kongres guru di Surakarta. Seluruh guru dari pelosok Indonesia bersatu meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda, baik perbedaan agama, suku, politik, lingkungan daerah, perbedaan tamatan dan lain-lain semua bersatu didasari oleh semangat proklamasi 17 Agustus 1945. Di dalam kongres inilah pada tanggal 25 November 1945 - seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia didirikan. Namun kini seiring berjalannya waktu, peringatan hari ulang tahun PGRI sering disebut dengan Hari Guru Nasional (HGN). Untuk tahun 2022 ini HGN mengusung tema "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar". HGN pada tahun ini jatuh pada hari Jumat, 25 November 2022. SMPN 12 Lhokseumawe mengawali perayaan HGN dengan mengadakan perlombaan bawa kelereng dan tarik tambang antar guru. Acara berlangsung meriah diiringi tepukan dan sorak sorai dari para peserta didik yang sangat bersemangat mendukung gurunya berlomba.
Acara puncak Hari Guru Nasional kami awali dengan kegiatan uapacara yang petugasnya semua dlaksanakan oleh guru. Pembina upacara Sri Aryati, S.Pd., M.Pd dalam amanat upacara membacakan sambutan dari ketua Umum PGRI Prof.Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd yang intinya antara lain menghimbau kepada seluruh guru Indonesia agar terus bersemangat dalam bekerja dan berkarya lebih-lebih setelah Covid-19 melanda negeri ini. Selain itu beliau juga menghimbau agar guru-guru melaksanakan pembaruan dalam mengajar karena zaman telah berubah. Terakhir ucapan terimakasih kepada semua guru baik ASN maupun tenaga honoror yang telah berjuang mendidik generasi penerus bangsa tanpa kenal lelah.
Setelah pelaksanaan upacara bendera, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi para juara lomba kelereng dan tarik tambang serta acara tukar menukar kado sesama guru dan pegawai tata usaha SMPN 12 Lhokseumawe. Acara tukar kado ini merupakan acara yang ditunggu-tunggu karena selain seru dan lucu acara ini bisa menambah keakraban antar warga sekolah karena masing-masing memiliki barang kenang-kenangan meski harganya tak seberapa namun nilai dari benda tersebut yang patut untuk dikenang sebagai simbol persaudaraan.
Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung pada tahun-tahun mendatang dan semoga pula seluruh warga sekolah diberi kesehatan oleh Allah SWT agar dapat terus bekerja dan berkarya untuk anak negeri. Aamiin...

No comments:

Post a Comment